Jumat, 18 April 2014

OBJEK WISATA BARU DI GUNUNGKIDUL Berpetualang di Goa Asri - Gereng - Emas

GUNUNG KIDUL (KRjogja.com) - Traveler yang haus wisata adrenalin bisa menyambangi Karangmojo di Kabupaten Gunungkidul. Di sini terdapat Gua Asri, Goa Gereng dan Goa Emas yang punya keunikan terdendiri ketiganya. Penasaran?

Ketiga goa tersebut terletak di Padukuhan Seropan, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul. Dari Wonosari, Anda tinggal menyusuri jalan sampai bertemu bunderan sihono. Ikuti jalur tersebut sampai bertemu papan lain, bertuliskan jelajah wisata goa. Ini dikarenakan letak ketiga goa tersebut masih satu rangkaian dengan Goa Pindul yang lebih dahulu terkenal.

Jangan kaget, karena jalannya berliku dan naik-turun. Setelah melintasi desa dan pesawahan sekitar 3 Km, Anda akan melihat sekertariat Panji Wisata Goa Emas - Goa Pindul - Tubing Kali Oya yang terletak dipinggir jalan raya.

Goa Asri - Gereng - Emas populer di kalangan turis asing dan lokal. Gua ini menawarkan wisata petualangan di dalam gua kapur, lengkap dengan sungai bawah tanah dan hutan purba. Ketiga goa ini merupakan perpaduan goa vertikal dan horizontal. Letaknya di tengah areal ladang kering yang berbatu. Jalan menuju lokasi cukup menantang akibat banyaknya batuan di sepanjang jalan.

Menuju dasar Goa Asri, traveler harus menuruni tebing sekitar 10 meter mulai dari perkebunan para warga. Sesampainya di dasar, Anda bisa menikmati keindahan goa ini termasuk menikmati stalaktit dan stalakmit yang sangat indah dan mengagumkan. Di dalam goa ini traveler akan menyusuri ruangan goa sepanjang 150 meter, dengan kedalaman air berfariasi antara 20-30 centimeter.

Di dasar Gua Gereng, pancaran sinar matahari yang menerobos kegelapan tampak sangat menakjubkan. Sinar matahari ini menyentuh sejumlah stalaktit dan stalakmit yang terbentuk oleh tetesan air ribuan tahun lamanya. Didalam goa kedua ini para traveler akan melihat langsung petilsan Glatik Madrim dengan aula yang luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar